Volkswagen Resmi Beli 90,1 Persen Saham Italdesign

WV

ORINO, KOMPAS.com — Volkwagen Group dan Italdesign Giugiaro hari ini mengumumkan bahwa kedua perusahaan sepakat disatukan. Kini, saham Italdesign sebanyak 90,1 persen menjadi milik VW. Jika sebelumnya saham keluarga Giorgetto Giugiaro 100 persen, kini tinggal 9,9 persen. Pembelian oleh VW termasuk nama dan hak paten Italdesign. Namun, nilai nominal transaksi tidak disebutkan.

Target #1
VW membeli rumah desain terkenal ini untuk mewujudkan ambisinya menjadi produsen mobil nomor satu di dunia pada 2018, mengalahkan Toyota. “Kontribusi Italdesign sangat penting untuk mencapai target global kami pada 2018,” ujar Prof Martin Winterkorn, CEO Volkswagen Aktiengesellschaft.

Dengan memiliki Italdesign, VW akan dapat mengembangkan tim desain mobil yang lebih hebat lagi. Bagi VW, Giugiaro adalah aset dan punya nilai sejarah. Produk terlaris VW di dunia, yaitu Golf I, lahir dari tangan Giugiaro.

Perusahaan yang berbasis di Torino ini penjualan tahunannya mencapai 100 juta euro dan telah berhasil menciptakan 120 model mobil, sejak didirikan oleh Giorgetto Giugiaro dan Aldo Mantovani pada 1968.

Kini, VW sedang berusaha memperbanyak rangkaian modelnya agar bisa mencapai target, menjual 10 juta unit mobil pada 2018.

“Italdesign adalah simbol desain mobil Italia yang kreatif dan telah menjadi instrumen yang membentuk wajah industri mobil di seluruh dunia. Sebagai kreator Golf I, Giugiaro telah meletakkan dasar-dasar desain Volkswagen pada 1970-an,” lanjut bos VW tersebut.

Dijelaskan pula, Italdesign kini merupakan bagian permanen dari keluarga global Volkswagen. Selanjutnya, Volkswagen Group akan memperoleh keuntungan dari kapasitas dan kompetensi Italdeisgn,” tambah Winterkorn.

“Setiap tetes air menjadi laut ketika mengalir ke laut. Dalam beberapa hari terakhir, saya selalu teringat dengan kalimat tersebut setelah membaca Sophie’s World yang ditulis oleh novelis Norwegia, Jostein Gaardner. Kami adalah tetesan. Memasuki Volkswagen berarti membuka perspektif masa depan yang sangat menjanjikan untuk perusahaan,” jelas Giorgetto dalam sambutannya.

This entry was posted in Knowledge Management. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *